Pengalaman Manis Hamil di Negeri Orang Bagian 2

>> TERKAGET-KAGET Lisa Natalia Harahap (34) yang melahirkan Frederico Aidil Harahap (2) sempat dua kali kaget gara-gara pengalamannya hamil di Belgia. Pertama, “Saya sempat dimarahi karena ketika pertama kali ke dokter kandung an usia kehamilan saya sudah tiga bulan.” Lebih tidak enaknya lagi, Lisa kurang memahami bahasa Belanda dan Prancis yang dipakai di Belgia. Alhasil, ia langsung memesan dan membaca buku What to Expect When You Are Expecting. “Buku ini sangat membantu saya saat konsultasi dengan dokter,” ujarnya.

Kedua, Lisa kaget ketika diminta menjalani serangkaian tes yang merupakan standar kontrol kehamilan di minggu tertentu. Antara lain tes darah untuk mengetahui golongan darah dan rhesus ibu hamil, tes HIV, toxoplasma, dan ainnya. “Di Brussel, tes HIV ini wajib seperti tes-tes yang lain. Jadi saya cukup kaget juga meskipun ada konselingnya,” kata Lisa yang mengaku senang karena semua tesnya menunjukkan hasil yang baik. Pemeriksaan yang bikin kaget juga dialami Silvia yang belum beradaptasi dengan bahasa Korea.

Pada kontrol pertama, selain cek fisik, ia sempat ditawari mengikuti Triple Screen atau Alphafetoprotein Test. Tujuannya untuk mengetahui kemungkin an adanya kelainan pada calon anak. “Tapi saya tolak, karena menurut dokter kelainan yang terdeteksi enggak bisa diobati atau diperbaiki. Orangtua hanya bisa memutuskan apakah akan meneruskan kehamilan itu atau tidak, dan apabila diputuskan untuk dilanjutkan orangtua bisa lebih bersiap diri. Saya pasrah berserah diri saja. Kalaupun ada kelainan, masak iya mau digugurkan?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *