Mengandung Mikronutrien Penting

sat-jakarta.com – Menurut Sa’diah Multi Karina MKes, ahli gizi dari Politeknik Kesehatan Jakarta II, susu adalah bahan makanan yang tergolong dalam sumber protein hewani dari sapi, kambing, dan lain-lain. Namun yang umum dikonsumsi adalah susu sapi. Selain sebagai sumber protein, susu merupakan sumber kalsium dan fosfor yang baik dan mudah diserap oleh tubuh sehingga susu baik untuk pertumbuhan tulang serta gigi.

Baca juga : kursus IELTS terbaik di jakarta

Karena alasan inilah susu baik dikonsumsi oleh anak yang masih dalam masa pertumbuh an. Misalnya anak batita dan balita. “Tak dapat dimungkiri, ASI merupakan makanan lengkap pertama bagi bayi yang tidak tergantikan dengan produk lain. Oleh sebab itu, anjuran mengonsumsi ASI eksklusif selama 6 bulan, diteruskan hingga 2 tahun, sangatlah baik karena ASI tidak dapat digantikan oleh susu lain dengan teknologi secanggih apa pun,” jelas Sa’diah. Saat si kecil sudah di atas 2 tahun, barulah ia dapat mulai menikmati minum dua gelas susu setiap hari.

Mengapa dua gelas? Penelitian di Kanada mencatat, dari minum 2 gelas susu sehari, anak-anak akan mendapat jumlah vitamin D yang cukup tanpa menurunkan kadar zat besi. Tentu, konsumsi susu harus tetap diimbangi dengan konsumsi makanan lainnya. Bagaimanapun, tidak ada bahan makanan yang mengandung gizi selengkap-lengkapnya.

Dr Jonathon Maguire, dokter anak dan ilmuwan di Rumah Sakit St. Michael di Toronto, me ngatakan, vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium yang diperlukan untuk pertumbuhan dan kepadatan tulang. Vitamin D juga dapat membantu mencegah penyakit autoimun, pernapasan, dan kardiovaskular. Untuk melihat manfaat susu, Maguire dan rekanrekannya telah meneliti lebih dari 1.300 balita dalam rentang usia 3 sampai 5 tahun.

Dalam penelitian ini orangtua mereka bertugas melaporkan berapa banyak susu yang dikonsumsi anak-anak. Sedangkan kadar vitamin D dan kadar zat besi dalam tubuh mereka diukur melalui tes darah. Hasilnya, semakin ba nyak konsumsi susu sapi, kadar vitamin D dalam tubuh semakin meningkat. Berarti, penyerapan kalsium yang masuk bisa berlangsung optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *