Makanan Korea Teknologi Jepang

Serbuan serba Korea tak hanya menyebar lewat musik K-Pop dan drama, tapi juga melalui kuliner. Adalah Handika Purbandhani (32) hatinya untuk memulai bisnis ini di Yogyakarta dengan nama Michigo yang tergerak pengusaha Fajar (dari bahasa Korea yang artinya going crazy). Ide itu berkelebat saat ia diundang pada ajang Asia Social Entrepreneur Summit di Korea Selatan, Juli 2012.

Baca juga : Jasa SEO Semarang

“Acaranya 3 hari, tapi saya extend hampir sebulan di Seoul. Belajar makanan, baik dari restoran yang ada maupun street food di sudut-sudut kota Seoul,” ceritanya. Hanya perlu waktu setahun bagi dirinya untuk membuka gerai pertama pada Juli 2013. Selang 4 bulan kemudian, November 2013, gerai kedua resmi berdiri. Keduanya berada di Kota Gudeg, Yogyakarta. Bagi Fajar, tak terlalu sulit untuk mengenalkan masakan asal Korea ke konsumen.

Pasalnya dasar makanan dari Korea adalah nasi (beras) dan mie yang sudah menjadi makanan seharihari masyarakat di Tanah Air. Meski menjajakan masakan Korea, namun konsep Michigo didapatkan dari sistem restoran di Jepang. Terutama dalam hal efi siensi dan alur kerja bisnis restoran di kota Tokyo. Seperti apakah itu? Yakni resto berbasis digital self service. Konsep ini mengajak pelanggan melakukan pemesanan sendiri melalui iPad yang tersedia di konter.

Kemudian selama makanan disiapkan di dapur, konsumen diberikan video pager (video portable). Lewat video pager, pelanggan dapat menikmati video-video musik KPop pilihan sambil menunggu menu pesanan siap. Melalui video pager ini juga, customer akan mengetahui pesanannya telah siap diambil di meja take order. Di setiap gerai terdapat pula social wall berupa LED screen berukuran 100 inci, yang dapat memunculkan interaksi pengunjung dengan Michigo di social media. Setiap tweet, komentar di Facebook, foto di Instagram, check-in di Foursquare, ataupun mem-pin via Pinterest akan ditampilkan secara real time counter.

Menu Unggulan

Tentu bukan hanya teknologi saja yang menjadi daya tarik restoran ini. Michigo punya beberapa menu unggulan. Salah satunya adalah Dolsot Bibimbap. Yaitu nasi dengan beragam sayuran, jamur tiram, rumput laut, dan daging sapi serta telur setengah matang yang dimasak pada claypot (mangkuk panas yang dibakar) de ngan bumbu gotchujang dan minyak wijen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *